Minggu, 14 Desember 2014

Mengindentifikasikan Sifat-sifat Kubus,Balok,Prisma dan Limas

Mengidentifikasikan Sifat-Sifat Kubus, Balok , Prisma dan Limas

A. Rumus Bangun Ruang Balok dan Kubus
     Pernah kah kamu mendengarkan kata prisma ? Prisma adalah bangun ruang yang bentuk sisi alas dan bentuk sisi atas nya sama. Balok dan kubus merupakan beebagai bentuk prisma khusus. Nama prisma ditentukan oleh kedudukan rusuk tegak dan bentuk bidang alasnya. Jika rusuk tegaknya tegak lurus pada bidang alas maka disebut prisma tegak. Jika rusuk tegaknya tidak tegak lurus pada bidang alas maka disebut prisma miring. Balok dan kubus merupakan prisma tegak dengan alas segiempat. Balok adalah prisma dengan alas persegi panjang. Kubus adalah prisma dengan alas persegi. Volume prisma : 
v = alas x tinggi

1. Rumus dan Gambar Bangun Ruang Balok
    Balok adalah bangun ruang yang pasang dibentuk oleh tiga pasang persegi panjang dan tiap persegi panjang mempunyai bentuk dan ukuran yang sama . Tiga persegi panjang itu merupakan sisi - sisi balok itu.
Gambar dan Rumus Balok

 

Balok adalah sebuah bangun ruang yang terbentuk dari enam buah persegi panjang. Sifat-sifat yang dimilik balok tidak jauh berbeda dengan kubus yang membedakannya hanya bentuk sisinya yang berbentuk persegi panjang. Balok memiliki 6 buah sisi, 12 rusuk dan 8 titik sudut. Sisi pada balok berbentuk persegi panjang, gabungan keenam sisi berbentuk persegi panjang akan membentuk sebuah jaring-jaring.

2. Rumus dan Gambar Bangun Ruang Kubus
    Kubus merupakan bangun ruang yang dibentuk oleh 6 persegi berukuran sama yang merupakan sisi-sisi kubus tersebut. Pada kubus , semua rusuknya sama panjang . Menghitung volume kubus sama dengan menghitung volume balok ,yaitu luas alas kali tinggi. Alas kubus berbntuk persegi.


Gambar dan Rumus Kubus
Luas alas Kubus = luas persegi = s x s
Tinggi kubus = s
Jadi, volume kubus = luas alas x tinggi
atau 
Volume kubus = s x s x s 

Kubus adalag bangun ruang yang terbentuk dari enam buah persegi . Adapun Kubus memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
  • Memiliki 6 buah sisi ,yaitu ABCD , EFGH , BCEF , ADGH , ABFG , dan CDEH.
  • Memiliki 12 rusuk , yaitu AB ,BC , CD , AD, BH, AG, CE , DH, GH , GF , FE dan HE.
  • Memiliki 8 titik sudut , yaitu A,B,C,D,E,F,G dan H.
Seperti yang kita ketahui kubus terbentuk dari gabungan beberapa persegi, nah gabungan-gabungan persegi itu akan membentuk sebuah jaring-jaring kubus.


 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar