Minggu, 14 Desember 2014

geometri

Menentukan Unsur dan Bagian-bagian lingkaran

1. Unsur-unsur Lingkaran
     Lingkaran adalah himpunan titik yang mempunyai jarak terttentu terhadap suati titik tertentu. 

Ada beberapa bagian lingkaran yang termasukdalam unsur-unsur sebuah lingkaran diantaranya titik pusat ,jari-jari, diameter, busur , tali busur , tembereng , juring , dan apotema .

a. Titik Pusat 
    Titik pusat lingkaran adalah titik yang terletak ditengah-tengah lingkaran.

b. Jari-jari (r)
    Seperti yang dijelaskan sebelum nya , jari-jari lingkaran adalah garis ddari titik pusat lingkaran ke lengkungan lingkaran. 

c. Diameter (d)
    Diameter adalah garis lurus yang menghubungkan dua titik pada lengkungan lingkaran dan melalui titik pusat . Nilai diameter merupakan dua kali nilai jari-jarinya , ditulis bahwa d = 2 r

d. Busur 
    Dalam lingkaran ,busur lingkaran merupakan garis lengkung yang terletak pada lengkungan lingkaran dan menghubugnkan dua titik sebarang dilengkungan tersebut. 

e. Tali Busur
    Tali busur lingkaran adalah garis lurus dalam lingkaran yang menghubungkan dua titik pada lengkungan lingkaran. Berbeda denga diameter, tali busur tidak melalui titik pusat lingkaran 0.

f. Tembereng
    Tembereng adalah luas daerah dalam lingkaran yang dibatasin oleh busur dan tali busur.

g. Juring
    Juringa adalah luas daerah dalam lingkaran yang dibatasin oleh dua buah jari-jari lingkaran dan sebuah busur yang diapit oleh kedua jari-jari lingkaran tersebut.

h. Apotema
    Pada sebuah lingkaran , Apotema merupakan garis yang menghubungkan titik pusat lingkaran dengan tali busur lingkaran tersebut. Garis yang dibentuk bersifat tegak lurus dengan tali busur.

Sifat-Sifat Lingkaran adalah sebagai berikut :
  • Lingkaran memiliki satu titik pusat
  • Lingkaran memiliki garis tengah yang panjangnya dua kali jari-jari 
  • Lingkaran sumbu simetri tidak berhingga. Jari - jari lingkaran adalah titik pusat ke tepi lingkaran . Jadi di lambangkan dengan r dan garis tengah dilambangkan dengan d.  
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar