Sabtu, 13 Desember 2014

Deskiripsi Singkat Tentang Kurikulum
A. Pengertian Kurikulum :
- Kurikulum ( curriculum ) berasal dari kata curir (pelari) dan curere (tempat berpacu).
- Kurikulum adalah jarak yang harus ditempuh oleh seseorang pelari mulai dari start sampai finish untuk memperoleh medali/penghargaan. 
- Pada awal nya digunakan dalam dunia olahraga.
- Kemudian pengertian tersebut diterapkan dalam dunia pendidikan menjadi sejumlah mata pelajaran (subject) yang harus ditempuh oleh seorang siswa dari awal sampai akhir program pelajaran untuk memperoleh penghargaan dalam bentuk ijazah.
- Menurut Harold B. Alberly (1965) :memandang kurikulum sebagai semua kegiatan yang diberikan kepada siswa dibawah ini tanggung jawab sekolah.
- Menurut Saylor,Alexander ,dan Lewis (1974) : menganggap kurikulum sebagai segala upaya sekolah untuk mempengaruhi siswa supaya belajar ,baik dalam ruangan kelas ,di halaman sekolah maupun diluar sekolah.
- UU Republik Indonesia tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 1 ayat 19 : kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan ,isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagi pedoman penyelenggarakan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

B. Tujuan Kurikulum :
  1. Tujuan Pendidikan Nasional 
  2. Tujuan Institusional
  3. Tujuan Kurikuler
  4. Tujuan Instruksional
C. Komponen Kurikulum :
     Subandiyah (1993:4-6) mengemukakan ada 5 komponen kurikulum , yaitu :
  1. Komponen Tujuan
  2. Komponen Isi/Materi
  3. Komponen Media (sarana dan prasarana)
  4. Komponen Strategi 
  5. Komponen Proses belajar menagajar.
Soemanto (1982) mengemukakan ada 4 komponen kurikulum ,yaitu :
  1. Objective (tujuan)
  2. Knowledges (isi / materi)
  3.  School Learning Expriences ( Interaksi , belajar, mengajar disekolah ).
  4. Evaluation (penilaian).
Nasution (1988) ,Fuaddin dan Karya (1992),serta Nana Sudjana (1991:21). Istilah komponen yang dikemukakan berbeda namun pada intinya sama yakni :
  1. Tujuan
  2. Isi dan Struktur Kurikulum
  3. Strategi pelaksanaan PBM ( Proses Belajar Mengajar )
  4. Evaluasi
Fungsi Pengembangan Kurikulum :
  1. sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan pada suatu tingkatan lembaga pendidikan tertentu dan untuk memungkinkan pencapaian tujuan dari lembaga pendiddikan tersebut.
  2. sebagai batasan dari program pendidikan (bahan pengajaran) yang akan dijalankan pada 1 semester , kelas maupun pada tingkat pendidikan tersebut.
  3. sebagai pedoman guru dalam menyelenggarakan proses belajar mengajar , sehingga kegiatan yang dilakukan guru dan siswa terarah kepada tujuan yang ditentukan.
Fungsi Kurikulum :
Kurikulum sebagai organisasi belajar tersusun merupakan suatu persiapan bagi anak didik. Anak didik diharapkan mendapat sejumlah pengalaman baru yang dikemudian hari dapat dikembangkan seirama dengan perkembangan anak,agar dapat memenuhi bekal hidup nya nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar